Chrome Pointer /* Start http://www.cursors-4u.com */ body, a:hover {cursor: url(http://cur.cursors-4u.net/cursors/cur-11/cur1054.cur), progress !important;} /* End http://www.cursors-4u.com */

Minggu, 04 November 2012

macam-macam aplikasi internet

Saat ini aplikasi internet yang tersedia sudah  banyak sekali dan akan terus bertambah, seiring dengan kemajuan teknologi informasi. Aplikasi-aplikasi internet ini kemudian digunakan dalam berbagai bidang, seperti akademik,militer,medis,media massa,periklanan,dan berbagai sector industry.
Namun dari sekian banyak aplikasi internet yang ada saat ini, yang paling banyak dikenal dan digunakan antara lain:

      1.      World Wide Web

World Wide Web atau www merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan dan merupakan aplikasi yang sangat penting.
www adalah dokumen-dokumen internet yang disimpan di server-servery yang terdapat di seluruh dunia. Dokumen web tersebut dibuat dengan menggunakan format hypertext dan hypermedia, yaitu Hypertext Markup Language (HTML). HTML mempunyai kemampuan untuk menghubungkan (link) sebuah dokumen dengan dokumen yang lain. Dokumen yang dibuat dengan HTML tersebut dapat memuat teks, gambar, animasi, audio, dan video.
      2.       Electronic Mail (E-Mail)
E-Mail atau surat elektronik adalah aplikasi internet untuk sarana komunikasi surat menyurat dalam bentuk elektronik. Mengirim e-mail sama persis dengan mengirimkan sebuah surat biasa.
Melalui e-mail kita juga dapat mengirimkan file dokumen, gambar, dan sebagainya.
E-mail merupakan alat komunikasi tang murah dan cepat, kita bisa mengirimkan surat ke seluruh dunia dengan cepat dan biaya yang cukup murah.
      3.       Mailing List
Mailing List atau sering juga disebut milis adalah aplikasi internet yang digunakan sebagai sarana diskusi atau bertukar informasi dalam satu kelompok melalui e-mail. Setiap e-mail yang dikirimkan ke alamat milis akan dikirimkan ke seluruh alamat email yang terdaftar sebagai anggota milis tersebut.
      4.       Newsgroup
Newsgroup adalah aplikasi internet yang digunakan untuk berkomunikasi satu sama lain dalam sebuah forum. Biasanya anggota forum dalam newsgroup memiliki kepentingan dan ketertarikan yang sama serta membahas topic-topik tertentu.
Newsgroup dapat dianggap seperti sebuah bulletin board, dimana setiap orang bebas memaparkan pendapatnya untuk dibaca oleh orang lain yang tergabung dalam kelompok tersebut.
Sarana yang mungkin digunakan dalam newsgroup dapat berupa multimedia (audio-visual) dengan menggunakan konferensi video, dapat berupa teks saja atau teks dan audio dengan menggunakan fasilitas chat (IRC)
      5.       File Transfer Protocol
File Transfer Protocol yang sering disingkat FTP adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengirimkan atau mengambil file ke/dari komputer lain. FTP memungkinkan transfer data lebih cepat.
FTP sering digunakan untuk mencari dan mengambil (download) arsip (file) dari sebuah server di internet yang mempunyai alamat tertentu yang menyediakan berbagai file.
      6.       Telnet
Telnet adalah aplikasi internet yang dapat digunakan untuk mengakses komputer yang letaknya jauh. Telnet dapat digunakan apabila kita memiliki alamat IP (IP address) dari komputer yang akan diakses dan kita juga harus mempunyai hak akses (user ID dan Password) ke komputer tersebut.
      7.       Goper
Goper adalah aplikasi yang digunakan untuk mencari informasi yang ada di internet. Namun, informasi yang dicari hanya terbatas pada teks saja. Untuk dapat mendapatkan informasi melalui goper, kita harus menghubungkan diri melalui goper server yang ada di internet.
      8.       Ping
Ping adalah singkatan dari packet Internet Goper. Ping digunakan untuk mengetahui apakah komputer yang kita gunakan terhubung (terkoneksi) dengan komputer lain di internet. Pengecekan hubungan ini dilakukan dengan cara mengirimkan sejumlah paket data.
Dari beberapa aplikasi di internet tersebut maka kita akan lebih mudah dan banyak pilihan untuk berekspresi dan mencari file-file yang kita butuhkan.

1 komentar:

Social Icons

:) :( :P :x x( (n_n) (-_-) (-_-")

Featured Posts

semua karena cinta
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost Coupons