Chrome Pointer /* Start http://www.cursors-4u.com */ body, a:hover {cursor: url(http://cur.cursors-4u.net/cursors/cur-11/cur1054.cur), progress !important;} /* End http://www.cursors-4u.com */

Jumat, 02 November 2012

MEMBANGUN JARINGAN KOMNPUTER

Sebuah jaringan komputer terdiri dari dua atau lebih komputer dimaksudkan untuk berbagi sumber:
Jaringan
Sebuah jaringan client / server adalah sistem di mana satu atau lebih komputer yang disebut klien terhubung ke sebuah komputer pusat yang bernama server untuk berbagi atau menggunakan sumber daya. Setiap komputer klien harus menggunakan sistem operasi yang memungkinkan untuk diidentifikasi untuk berpartisipasi dalam jaringan.
Client / Server Jaringan

Sebuah jaringan komputer disebut sebagai client / server jika (setidaknya) salah satu komputer digunakan untuk "melayani" komputer lain disebut sebagai "klien". Selain komputer, jenis-jenis perangkat dapat menjadi bagian dari jaringan:
Jaringan Tata Letak
Dalam lingkungan client / server, setiap komputer masih memegang (atau masih bisa menahan) (atau beberapa) sumber daya dan file. Komputer lain juga dapat mengakses sumber daya yang disimpan dalam komputer, seperti dalam skenario peer-to-peer. Salah satu kekhasan dari jaringan client / server adalah bahwa file dan sumber daya yang terpusat. Ini berarti bahwa sebuah komputer, server, dapat menahan mereka dan komputer lain dapat mengaksesnya. Karena server selalu ON, mesin klien dapat mengakses file dan sumber daya tanpa peduli apakah komputer tertentu adalah ON.
Salah satu konsekuensi dari jaringan client / server adalah bahwa, jika server dalam keadaan OFF, sumber daya dan kadang-kadang sebagian besar sumber daya pada jaringan tidak tersedia. Bahkan, salah satu cara untuk membuat sebuah jaringan client / server adalah memiliki lebih dari satu server. Dalam hal ini, setiap server dapat memainkan peran yang berbeda.
Keuntungan besar lain dari jaringan client / server adalah bahwa keamanan diciptakan, dikelola, dan sangat bisa ditegakkan. Untuk mengakses jaringan, seseorang, yang disebut pengguna harus menyediakan beberapa mandat, seperti username dan password. Jika kredensial tidak sah, pengguna dicegah dari mengakses jaringan.
Jenis client / server jaringan juga memberikan keuntungan lain seperti backup terpusat, kemampuan Intranet, pemantauan internet, dll Dalam sebuah jaringan kecil, semua layanan ini dapat ditangani oleh satu server:
Jaringan Tata Letak
Dalam media untuk jaringan besar, akan ada banyak server dengan masing-masing melakukan tugas yang berbeda:
Jaringan Tata Letak
Dalam seri pelajaran, kita akan membangun jaringan Microsoft Windows (Saya suka Linux dan Apple tetapi pada saat penulisan ini, saya ingin membuat pelajaran sederhana dengan hanya berurusan dengan jaringan sederhana, biasanya, Anda dapat menghubungkan workstation Linux, seperti Novell SUSE Linux, Microsoft Windows ke jaringan, ini sangat mudah dilakukan, berdasarkan pengalaman saya, tidak ada yang signifikan untuk dilakukan, setelah jaringan adalah setup dan Anda menghubungkan workstation Linux ke jaringan, komputer Linux akan menemukan segala sesuatu pada jaringan, OS Linux begitu cerdas itu akan mengurus semuanya).
Klien Sistem Operasi

Pengantar

Jika Anda membeli komputer baru di toko atau dari toko web, komputer akan kemungkinan besar memiliki sistem operasi. Pada saat penulisan ini, kebanyakan komputer dijual di toko-toko memiliki Microsoft Windows 7 Home Premium. Beberapa komputer lain, seperti netbook, menjalankan Microsoft Windows 7 Starter.
Untuk jaringan kami, kami akan menggunakan Microsoft Windows 7 Professional, Ultimate, atau Enterprise. Microsoft Windows 7 Home Premium tidak bisa bergabung dengan jaringan berbasis domain (tetapi dapat berpartisipasi dalam jaringan peer-to-peer). Jika komputer (s) Anda berencana untuk menggunakan untuk jaringan Anda tidak (tidak) memiliki Microsoft Windows 7 Professional, Microsoft Windows 7 Ultimate, atau Microsoft Windows 7 sistem operasi Perusahaan, Anda harus meng-upgrade itu. Di antara cara-cara Anda bisa mendapatkan upgrade, Anda dapat membelinya dari toko komputer atau toko web. Pilihan lain adalah untuk mendapatkan berlangganan MSDN.
Jika Anda telah membangun komputer Anda sendiri (s) atau Anda memperoleh (a) "barebone" komputer (s), setelah itu siap dengan bagian perangkat keras yang diperlukan, Anda harus mendapatkan dan menginstal sistem operasi.
Klien Baru Sistem Operasi Instalasi

Sebuah instalasi baru dari sistem operasi (OS) sangat cocok jika:
  • Anda memiliki komputer tanpa sistem operasi sama sekali
  • Anda memiliki komputer dengan sistem operasi tetapi Anda ingin menimpanya
  • Anda memiliki komputer dengan sistem operasi tetapi tidak mendukung upgrade ke OS yang ingin Anda gunakan
Untuk melakukan instalasi baru:
  1. Menyalakan komputer. Jika Anda menggunakan komputer tanpa sistem operasi, jika Anda menerima pesan yang menyatakan "Sistem Operasi Hilang", atau "F1 Mogok untuk mengulang booting, F2 untuk utilitas setup", jangan khawatir tentang hal itu pada saat ini
  2. Pada drive (DVD), mendorong Buton untuk membuka drive
  3. Masukkan DVD yang memiliki sistem operasi di drive
  4. Restart komputer
  5. Beberapa detik setelah komputer telah dimulai, pesan mungkin (harus) meminta Anda untuk menekan tombol apa saja untuk boot dari CD atau DVD (untuk menginstal sistem operasi) (pesan mungkin menampilkan "Tekan sembarang tombol untuk boot dari CD atau DVD" atau sesuatu seperti itu). Tekan sembarang tombol untuk melanjutkan. Jika tidak:
    • Jika pesan menekan tombol apa saja untuk menginstal sistem operasi tidak muncul, Anda harus me-restart komputer. Kemudian, segera setelah layar hitam dari komputer restart muncul, tekan tombol seperti F2 atau F8 (ini tergantung pada komputer Anda atau produsen) untuk mengakses BIOS. Akses Urutan Boot dan memeriksa daftar. Jika drive (DVD) tidak di atas dan jika instruksi memungkinkan, memindahkan drive (DVD) ke bagian atas urutan. Jika Anda tidak dapat memindahkan drive (DVD) ke atas, kemudian menonaktifkan drive, seperti hard drive, yang datang di atasnya. Dalam beberapa kasus, Anda dapat memilih drive dan tekan Space bar untuk menghilangkan tanda cek dari item yang dipilih. Dalam hal ini, pastikan bahwa hanya drive (DVD) memiliki tanda cek di sampingnya. Setelah membuat perubahan dalam BIOS untuk membuat boot komputer dari drive (DVD), menyimpan dan keluar dari BIOS. Kemudian restart komputer dan ikuti petunjuk pada layar untuk menginstal sistem operasi
    • Jika pesan instalasi masih tidak datang, pastikan drive (DVD) dipasang tepat (jika Anda memiliki akses ke Internet, Anda juga dapat memeriksa situs berikut: http://www.bootdisk.com/ untuk disk boot dan pilihan)
    • Jika komputer masih tidak bisa boot dari DVD dan jika Anda memiliki akses ke Internet, memeriksa situs Dukungan dari Microsoft: http://support.microsoft.com
  6. Instalasi akan kios menyalin file.
    Layar berikutnya akan meminta Anda untuk memilih bahasa. Pilih salah satu:

    Bahasa Seleksi
  7. Layar berikutnya menyajikan bahasa yang Anda pilih:

    Bahasa Seleksi

    Klik Next
  8. Layar berikutnya menunjukkan bahwa instalasi siap:

    Instal Windows

    Klik Install Now
  9. Layar berikutnya memungkinkan Anda untuk memilih versi (32 bit atau 64 bit):

    Instal Windows
  10. Tentukan pilihan Anda dan klik Next
  11. Layar berikutnya menampilkan perjanjian lisensi:

    Instal Windows

    Membacanya. Jika Anda setuju, klik "Saya menerima persyaratan lisensi"
  12. Klik Next
  13. Jika komputer memiliki sistem operasi sudah, layar berikutnya memungkinkan Anda untuk meng-upgrade atau melakukan installtion baru:

    Instal Windows

    Klik Custom (advanced)
  14. Layar berikutnya memungkinkan Anda untuk menentukan partisi mana untuk menginstal sistem operasi.
    Setelah membuat pilihan Anda, klik Next.
    Instalasi akan mulai menyalin file. Ini mungkin memakan waktu cukup lama

    Instal Windows
  15. Ketika menyalin file selesai, komputer akan reboot.
    Ketika komputer datang kembali, layar akan meminta Anda untuk memberikan nama pengguna. Ketik dan tekan Tab.
    Anda mungkin diminta untuk Product Key, yang Anda harus memasukkan. Setelah mengetik kunci produk, klik Next
  16. Anda juga harus memberikan nama untuk komputer. Menerima nama default yang diberikan atau mengubahnya
  17. Klik Next
  18. Layar berikutnya akan meminta Anda untuk memberikan password opsional. Anda dapat melewati itu untuk sekarang (Pada jaringan kecil, O personnally don # 039; t memberikan password itu). Jika tidak, ketik sandi, tekan Tab, dan ketik lagi.
    Klik Next
  19. Layar berikutnya akan meminta Anda untuk melindungi komputer Anda:

    Set Up Windows

    Klik opsi pertama
  20. Layar berikutnya akan meminta Anda untuk menentukan Zona Waktu Anda, tanggal dan waktu

    Set Up Windows
  21. Setelah membuat pilihan Anda, klik Next.
    Anda harus menerima pesan selamat datang yang mengarah ke desktop komputer
Upgrade Sistem Operasi Klien

Pada saat penulisan ini, kebanyakan komputer dijual di toko-toko menjalankan Microsoft Windows 7 Home Premium. Bahkan, jika Anda hanya pergi toko komputer dan memutuskan untuk membeli komputer untuk jaringan Anda, itu sistem operasi komputer mungkin.
Jika Anda sudah memiliki satu (atau lebih) komputer (s) yang Anda berencana untuk digunakan sebagai workstation (s), maka (mereka) dapat menjalankan sistem operasi sebelumnya seperti Microsoft Windows XP atau Windows Vista. Jika Anda membeli komputer biasa di toko, mungkin menjalankan Microsoft Windows 7 Home Premium.
Untuk jaringan kami, kami akan menggunakan Microsoft Windows 7 Professional, Ultimate, atau Enterprise. Microsoft Windows 7 Home Premium tidak bisa bergabung dengan jaringan berbasis domain (tetapi dapat berpartisipasi dalam jaringan peer-to-peer). Jika komputer (s) Anda berencana untuk menggunakan untuk jaringan Anda tidak (tidak) memiliki salah satu sistem operasi, Anda harus meng-upgrade itu. Di antara cara-cara Anda bisa mendapatkan upgrade, Anda dapat membelinya dari toko komputer atau toko web. Pilihan lain adalah untuk mendapatkan berlangganan MSDN.
Untuk meng-upgrade dari Microsoft Windows 7 Home Premium ke Microsoft Windows 7 Professional, Ultimate, atau Enterprise:
  1. Mulai komputer dan mengakses desktop (jika perlu, log in)
  2. Buka DVD drive, masukkan disk, dan menutup drive. Sebuah jendela berjudul AutoPlay harus datang

    AutoPlay

    Jika jendela ini tidak muncul, menjalankan Windows Explorer dan mengakses drive DVD
  3. Klik Jalankan Setup.exe (dari jendela AutoPlay) atau double-klik setup (dari Windows Explorer)
  4. Sebuah dialog keamanan kotak berjudul User Account Control harus datang, menanyakan apakah Anda akan memungkinkan instalasi untuk membuat perubahan ke komputer. Membaca teks dan klik Yes.
    Sebuah jendela akan muncul, meminta Anda untuk memilih bahasa komputer akan menggunakan (instalasi ini menggunakan Microsoft Windows 7 Ultimate)

    Bahasa Seleksi
  5. Klik bahasa yang diinginkan. Jendela lain akan muncul untuk mengkonfirmasi bahasa yang Anda pilih:

    Bahasa Seleksi
  6. Klik Next. Jendela lain muncul untuk menunjukkan bahwa instalasi siap untuk memulai:

    Instal Windows
  7. Klik Install Now. Kotak dialog berikutnya akan meminta Anda untuk memeriksa pembaruan

    Instal Windows
  8. Klik pilihan untuk memeriksa update.
    Kotak dialog berikutnya mengijinkan Anda untuk memilih jenis platform yang Anda ingin menggunakan 32 bit atau 64 bit:

    Instal Windows
  9. Tentukan pilihan Anda dan klik Next.
    Kotak dialog berikutnya menyajikan perjanjian lisensi:

    Instal Windows
  10. Membacanya dan, jika Anda setuju, klik kotak centang bawah. Jika tidak, menghentikan instalasi
  11. Jika Anda setuju dengan lisensi, klik Next.
    Kotak dialog berikutnya berurusan dengan file yang ada, jika ada:

    Instal Windows
  12. Dua pilihan yang disajikan kepada Anda:
    • Jika Anda menginstal Microsoft Windows 7 Profesi, jika Anda memiliki file dalam komputer dan Anda ingin menyimpannya, klik Upgrade. Jika Anda tidak peduli tentang file yang ada, klik opsi kedua
    • Jika Anda menginstal Microsoft Windows 7 Ultimate atau Enterprise, Anda tidak bisa meng-upgrade dari Microsoft Windows 7 Home Premium. Oleh karena itu, Anda harus mengklik opsi kedua
    Pilihan berikutnya akan meminta Anda untuk menentukan partion di mana Anda akan menginstal sistem operasi (OS)

    Partisi Seleksi
  13. Setelah memilih (atau menciptakan dan memilih) partisi, klik Next.
    Jika Anda telah memilih opsi untuk menginstal salinan baru dari OS dan jika ada file ada di partisi ini, kotak pesan peringatan akan memberitahu Anda bahwa file akan dipindahkan ke folder bernama Windows.old. Dalam hal ini, klik OK.
    Instalasi akan mulai menyalin file:

    Instalasi Menyalin File
    Ini mungkin memakan waktu cukup lama
    Instalasi Menyalin File

    Komputer akan reboot
  14. Ketika file telah disalin dan reboot komputer, ia akan meminta Anda mengetik nama pengguna dan nama komputer.
    Ketik nama pengguna, tekan Tab, dan ketik nama untuk komputer
  15. Klik Next
  16. Layar berikutnya akan meminta Anda untuk memberikan password untuk nama pengguna baru saja Anda masukkan. Hal ini tidak diperlukan, terutama jika Anda membuat jaringan kecil (saya personnally biarkan kosong).
    Setelah mengetik atau tidak mengetik password, klik Next
  17. Layar berikutnya akan meminta Anda untuk mengetik kunci produk. Setelah mengetik, klik Next
  18. Layar berikutnya akan meminta Anda untuk melindungi komputer Anda. Dalam kebanyakan kasus, Anda harus klik Gunakan Pengaturan Rekomendasi
  19. Layar berikutnya akan meminta Anda untuk menentukan Zona Waktu dan waktu saat ini (dan tanggal) pada komputer.
    Setelah membuat pilihan, klik Next.
    Kemudian Anda harus menerima pesan selamat datang dan pesan lainnya, maka desktop muncul
Server Sistem Operasi Instalasi

Pengantar

Sebuah jaringan client server adalah sebuah sistem di mana sebuah komputer bernama server digunakan untuk menyediakan sumber daya untuk komputer lain bernama klien. Server adalah sebuah komputer yang dapat berpartisipasi dalam jaringan client / server untuk menyimpan sumber daya dan item yang akan membutuhkan komputer lain:
Sebuah server terutama komputer biasa. Untuk membuat jaringan client / server, pertama mengidentifikasi komputer yang akan Anda gunakan sebagai server. Anda dapat menggunakan komputer yang ada atau membeli yang baru. Ketika merencanakan server, jika Anda berencana untuk menggunakan salah satu dari (yang ada) Anda komputer sebagai server, memeriksa hardware dan pastikan memenuhi persyaratan perangkat keras yang diperlukan.
Jika Anda memiliki komputer tanpa sistem operasi karena baik Anda mendapat / membangunnya ("barebone") tanpa sistem operasi atau Anda membeli server yang datang tanpa sistem operasi (atau Anda menghapus sistem operasi misalnya dengan memformat hard drive atau Anda membuat dua atau lebih partisi pada hard drive)), pastikan memenuhi persyaratan perangkat keras yang diperlukan.
Anda juga akan membutuhkan monitor terpasang ke server. Jika Anda tidak akan bekerja sama dengan server, yaitu, jika Anda tidak akan "melihat" server sepanjang hari, jenis memantau Anda terhubung ke itu mungkin tidak penting. Sebuah monitor yang dapat menangani resolusi 1024 x 768 akan baik-baik saja.
Server Sistem Operasi

Seperti namanya, peran server adalah untuk melayani. Untuk melakukan pekerjaan ini, harus dimuat dengan sistem operasi khusus (OS), seperti Microsoft Windows Server 2008. Itu yang akan kita gunakan.
Jika Anda sudah memiliki komputer yang memiliki sistem operasi yang versi lebih rendah daripada yang ingin Anda gunakan (Microsoft Windows Server 2008), Anda mungkin harus meng-upgrade itu. Jika tidak, Anda mungkin harus mendapatkan OS dan menginstalnya. Anda mungkin memiliki komputer dengan sistem operasi OS tetapi tidak dapat ditingkatkan ke Microsoft Windows Server 2008.
Untuk mendapatkan sistem operasi, Anda memiliki banyak pilihan:
  • Anda dapat membeli komputer yang memiliki sistem operasi sudah. Dalam hal ini, jika Anda memesan komputer dari toko web, Anda harus menunjukkan bahwa Anda ingin memiliki OS sudah, yang akan dipasang oleh produsen
  • Anda dapat memperoleh dan menginstal OS. Anda dapat membeli OS dari penerbit sistem operasi (baik membeli OS dari Microsoft atau membeli Berlangganan MSDN), dari dealer software, atau toko web
Untuk menginstal Microsoft Windows Server 2008:
  1. Mulai komputer. Anda mungkin menerima pesan yang menyatakan bahwa sistem operasi yang hilang atau sesuatu seperti itu
  2. Buka DVD drive
  3. Taruh disk dalam drive, dan menutupnya
  4. Restart komputer. Anda harus menerima pesan yang menyatakan Tekan Tombol Setiap Untuk Boot Dari CD atau DVD
  5. Tekan sembarang tombol untuk memulai instalasi.
    (Jika komputer Anda sudah memiliki sistem operasi, memulainya Buka DVD drive,. Menempatkan DVD di dalamnya, dan menutup pintunya. Jika sistem operasi tidak dapat ditingkatkan, kotak pesan dan menampilkan dan membiarkan Anda tahu)
  6. Pada suatu waktu, sebuah jendela akan muncul, meminta Anda untuk memilih bahasa. Klik bahasa yang diinginkan, seperti Bahasa saya Bahasa Inggris

    Bahasa Seleksi
  7. Layar berikutnya akan menampilkan detail dari bahasa yang dipilih:

    Bahasa Seleksi

    Klik Next
  8. Klik Install Now

    Install Now
  9. Layar berikutnya akan menanyakan apa versi dari sistem operasi yang ingin anda instal. Sebagai contoh kita, kita klik Windows Server 2008 Enterprise R2 Server dengan Service Pack 1

    Sistem Operasi Versi
  10. Untuk melanjutkan, klik Next
  11. Layar berikutnya akan menampilkan Syarat Lisensi Perangkat Lunak Microsoft. Membacanya. Karena panjang, untuk mengarahkan ke atas dan ke bawah, Anda dapat menekan tombol Page Up atau Page Down. Setelah membacanya, jika Anda menerima persyaratan lisensi, klik Saya Menerima Ketentuan Lisensi

    Microsoft Software License Terms
  12. Klik Next.
    Jika Anda tidak menyukai apa yang dikatakannya, tekan ESC dan menghentikan instalasi.
  13. Layar berikutnya akan meminta Anda untuk meng-upgrade atau melakukan instalasi baru. Sebagai contoh kita, kita akan melakukan instalasi baru

    Baru Instalasi atau Upgrade
  14. Layar berikutnya akan meminta Anda untuk memilih partisi yang ingin Anda gunakan untuk menginstal sistem operasi. Dalam kebanyakan kasus, Anda harus membuat partisi. Misalnya, jika Anda hanya memiliki satu partisi tetapi besar dan Anda ingin membuat partisi berbagai klik untuk memilihnya. Kemudian, klik Baru. Sebuah tombol spin akan diplay, memungkinkan Anda untuk mengurangi atau mengatur ukuran (s) dari partisi (s). Ketika Anda mencapai ukuran yang diinginkan, klik Apply. Anda juga dapat memformat partisi yang diperlukan. Jika Anda melakukannya, pastikan Anda menggunakan NTFS
  15. Setelah membuat partisi, pilih partisi yang ingin Anda gunakan

    Partisi Seleksi
  16. Klik Next

    Menyalin File

    Menyalin File

    Menyalin File
  17. Instalasi akan mulai menyalin file. Ini mungkin memakan waktu cukup lama.
    Ketika instalasi selesai menyalin file, maka akan reboot
  18. Ketika reboot komputer, komputer mungkin menampilkan sebuah pesan untuk Tekan Tombol apapun untuk Boot Dari CD atau DVD. Jangan tekan tombol apa saja.
    Instalasi akan melakukan operasi baru tentang Melengkapi Instalasi.
    Ketika telah selesai Menyelesaikan Instalasi, komputer dapat reboot.
    Layar berikutnya akan meminta Anda untuk mengatur password administrator:

    Kata sandi

    Klik OK
  19. Ketik password
  20. Tekan Tab untuk mengakses kotak teks lainnya dan ketik password yang sama

    Kata sandi
  21. Klik tombol kanan menunjuk atau tekan Enter
  22. Sebuah pesan akan memberitahu Anda bahwa Sandi Anda Telah Berubah.

    Kata sandi

    Klik OK
  23. Ketika diminta untuk login, tekan Ctrl + ALT + DELETE

    Kata sandi
  24. Masukkan password dan tekan Enter
Pengantar Konfigurasi Server

Bila Anda telah selesai menginstal Microsoft Windows Server 2008 R2, jendela berjudul Tugas Konfigurasi Awal mungkin muncul:
Awal Konfigurasi Tugas
Konfigurasi window Tugas awal yang digunakan untuk melakukan operasi yang paling mendasar atau rutin Server R2 Microsoft Windows 2008. Jendela ini menampilkan saat komputer dimulai. Jika Anda tidak ingin datang seperti itu, klik kotak centang bawah. Jika tidak muncul ketika komputer dimulai, untuk mengembalikan jendela ini, klik Start -> Run, ketik oobe dan tekan Enter.
Setelah menginstal sistem operasi, ada beberapa hal yang Anda harus (harus) lakukan sebelum melanjutkan:
  • Anda harus memastikan komputer terhubung ke Internet
  • Jika ini adalah komputer pertama, Anda harus membuat sebuah kontroler domain (ini bukan keharusan jika komputer tidak akan menjadi kontroler domain, jika Anda tidak (belum) tahu apa kontroler domain ini, jangan khawatir tentang yang sekarang)
Nama Server

Setiap komputer di jaringan harus memiliki nama. Instalasi memberikan nama default yang Anda dapat menerima atau mengubah. Beberapa instalasi, seperti Small Business Server, meminta Anda untuk menerima atau menentukan nama server. Setelah menginstal Microsoft Windows Server 2008, untuk memeriksa dan / atau mengubah nama server:
  • Pada jendela Tasks Konfigurasi Awal, klik Memberikan Nama Komputer dan Domain:

    Awal Konfigurasi Tugas
  • Menerima atau mengubah nama server

    Komputer Nama / Domain Perubahan
  • Klik OK
  • Sebuah kotak dialog akan meminta Anda untuk me-restart komputer Anda. Klik OK

    System Properties
  • Klik Tutup
  • Klik Restart Sekarang
Jaringan Penemuan

Penemuan jaringan memungkinkan komputer untuk mengizinkan komputer lain untuk "melihat" pada jaringan. Untuk mengurusnya di server, menjalankan Windows Explorer dan klik Jaringan (Anda dapat mengklik tombol Start dan klik opsi Jaringan). Sebuah pesan akan muncul di bawah toolbar menyatakan "Jaringan penemuan dimatikan ...":
Penemuan Netowork
Klik pesan tersebut dan klik "Hidupkan penemuan jaringan dan berbagi file":
Penemuan Netowork
Anda harus menerima kotak pesan menghadirkan dua pilihan:
Jaringan Penemuan
Klik "Ya, nyalakan penemuan jaringan ...". Jika beberapa komputer sudah terpasang dan terhubung ke router yang sama, nama mereka mungkin muncul di node Jaringan di Windows Explorer.
Menghubungkan Server untuk Internet

Biasanya, bila Anda telah fiinished menginstal server, jika semuanya berjalan baik-baik saja dan komputer terhubung ke router, Anda harus terhubung ke Internet. Untuk mengujinya, Anda dapat memulai browser (Internet Explorer), menetapkan alamat ke http://msdn.microsoft.com , dan tekan Enter.
Windows Update

Anda harus memastikan instalasi dari sistem operasi secara teratur bisa mendapatkan update nya dari Microsoft. Untuk mengurus ini, klik Start -> All Programs -> Windows Update. Sebuah jendela akan menampilkan, meminta Anda untuk mengaktifkan pembaruan otomatis.
Menetapkan Alamat IP

Setiap komputer di jaringan membutuhkan alamat IP, sehingga komputer lain dari jaringan dapat menemukannya, sama seperti setiap rumah membutuhkan alamat fisik sehingga kantor pos dan orang lain dapat menemukannya.
Sebuah komputer memiliki dua cara utama untuk mendapatkan alamat IP:
  • Sebuah server, disebut DHCP server (kata "server" di sini merupakan sebuah aplikasi, tetapi tidak harus menjadi server yang berbeda dari yang Anda instal), secara otomatis dapat menetapkan (menyediakan) alamat IP untuk setiap komputer. Solusi ini kadang-kadang dikatakan menimbulkan masalah keamanan
  • Anda dapat secara manual menetapkan alamat IP untuk setiap komputer. Tentu saja, Anda perlu tahu sedikit tentang sesuatu yang bernama TCP / IP, yang berarti Anda akan perlu mengetahui cara membuat dan menetapkan alamat IP
Untuk menetapkan alamat IP ke komputer yang menjalankan Microsoft Windows 7, klik Start - Computer> (atau klik Control Panel). Di Jaringan, kiri, kanan-klik dan klik Properties. Jika Anda menggunakan laptop, klik Wireless Network Connection. Jika Anda menggunakan desktop, klik Local Area Connection.
Untuk menetapkan alamat IP ke server (yang menjalankan Microsoft Windows Server 2008 R2):
  • Dalam Tugas Konfigurasi Awal, klik Konfigurasi Jaringan
  • Pada Taskbar, klik Start dan klik Network. Dalam, bingkai Jaringan kiri klik kanan dan klik Properties. Klik Local Area Connection. Pada kotak Area Connection Status Lokal dialog, klik Properties
Bagian berikut adalah opsional, terutama jika Anda bekerja pada jaringan kecil. Untuk membuat alamat IP untuk server:
  1. Klik Start
  2. Klik kanan Network dan klik Properties

    Network and Sharing Center
  3. Klik Local Area Connection
  4. Klik Detail. Membuat catatan (pada selembar kertas) dari alamat di sisi kanan dari IPv4 Alamat:

    Koneksi Jaringan Detail

    (Sebagai contoh, kita sedang membangun sebuah jaringan kecil dan kami hanya akan menggunakan sejumlah kecil alamat IP. Dalam dunia nyata atau untuk jaringan besar, Anda akan perlu untuk benar-benar tahu TCP / IP, desain kisaran alamat IP Anda berencana untuk menggunakan, kemudian menetapkan alamat IP tersebut, atau merancang cara untuk menetapkan alamat IP ke komputer)
  5. Klik Tutup
  6. Pada kotak Area Connection Status Lokal dialog, klik Properties
  7. Pada kotak daftar diperiksa, klik Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)

    Area Connection Properti Lokal
  8. Klik Properties
  9. Klik Gunakan Alamat IP Berikut
  10. Ketik alamat IP Anda ingin server menggunakan (misalnya kami, dan berdasarkan pada kotak dialog di atas, kita ketik 192.168.001.102) dan tekan Tab
  11. Ketik subnet mask (normal, harus ditambahkan secara otomatis saat Anda menekan Tab dari kotak alamat IP teks sebelumnya)
  12. Ketik alamat default gateway (menggunakan oktet pertama dan kedua dari alamat IP Anda telah diberikan (seperti 192,168) dan menggunakan 001,001 untuk dua byte lainnya)
  13. Memberikan alamat Preferred DNS server (kita gunakan 127.0.0.1 untuk contoh kita) dan alamat DNS Server alternatif (kita meninggalkan kita kosong)

    Internet Protocol version 4 (TCP/IPv4) Properti
  14. Klik OK
  15. Klik Tutup
  16. Klik Tutup
Membuat Domain Controller

Jika Anda membuat jaringan baru, salah satu komputer Anda harus (harus) dapat mengelola akses ke komputer dan sumber daya yang dimiliki jaringan. Artinya, sebuah komputer pusat, bernama server, harus dapat mengizinkan atau menolak akses (ini disebut otentikasi) dari jaringan dan sumber dayanya kepada orang-orang. Bahwa komputer pusat, server itu, diberi nama domain controller. Server pertama Anda menginstal biasanya harus (harus) dijadikan domain controller.
Catatan ::

Anda dapat menggunakan komputer yang ada sebagai server


Catatan ::

Jika Anda berencana untuk menggunakan banyak produk Microsoft, Anda harus mempertimbangkan untuk mendapatkan berlangganan MSDN. Anda bisa mendapatkan informasi lebih lanjut dari msdn.microsoft.com . Melakukan pencarian di Berlangganan MSDN.
Untuk membuat kontroler domain, Anda harus mempromosikan server Anda (ke kontroler domain). Untuk melakukan hal ini:
  1. Buka Command Prompt (Start -> Command Prompt, atau Start -> All Programs -> Accessories -> Command Prompt
  2. Ketik CD \ dan tekan Enter untuk kembali ke akar disk
  3. Tipe dcpromo (yang merupakan singkatan Promosikan Komputer ini ke Domain Controller) dan tekan Enter
  4. Sebuah jendela kecil akan muncul:

    Domain Controller Promosi
    Pada halaman pertama wizard, membaca teks dan klik Next

    Domain Layanan Direktori Aktif
  5. Di halaman kedua dari wizard, membaca teks dan klik Next

    Domain Layanan Direktori Aktif

    Domain Layanan Direktori Aktif
  6. Pada halaman ketiga dari wizard, klik Buat Domain Baru Di New Forest

    Domain Layanan Direktori Aktif
  7. Klik Next
  8. Halaman berikutnya akan meminta Anda untuk membuat nama fully-qualified domain (FQDN). Masukkan nama yang terbuat dari dua atau tiga bagian. Contohnya adalah example.local atau learning.example.com. Ingat bahwa komputer sudah memiliki nama dan setiap komputer di jaringan memiliki atau akan memiliki nama. Jadi ini adalah apa yang akan terjadi dengan nama yang Anda berikan:
    • Jika Anda memberi nama dalam dua bagian seperti example.local atau example.com, nama jaringan yang akan digunakan dari browser untuk mengakses komputer ini akan ThisComputerName example.local atau. ThisComputerName. Example.com. Ini berarti bahwa ini adalah nama komputer lain akan digunakan untuk "intranetly" atau "webly" mengakses sumber dayanya. Ini berarti bahwa, di kemudian hari, Anda dapat membuat situs web yang disimpan dalam komputer (dalam server atau workstation), berbagi sumber daya dari komputer itu, dan membuat mereka sumber daya yang tersedia sehingga komputer lain dapat mengakses sumber daya tersebut dari browser
    • Jika Anda memberikan nama dalam tiga (atau lebih) bagian tersebut hal seperti mereka, nama jaringan komputer ini akan Itulah nama komputer lain akan digunakan untuk mengakses komputer ini dari browser
    Tidak ada aturan, apakah nama yang Anda gunakan (dalam dua bagian atau bagian lebih) adalah buruk. Anda hanya harus memutuskan dan menjaga skema dalam pikiran.
    Sebagai contoh kita, kita menggunakan functionx.local

    Fully-Qualified Domain Name
  9. Setelah menentukan FQDN, klik Next. Sebuah jendela akan mulai beberapa operasi:

    Fully-Qualified Domain Name
  10. Ketika kotak dialog muncul, membaca teks dan klik Next

    Active Directory Domain Layanan Wizard Instalasi
  11. Pada halaman berikutnya, membaca teks dan klik Next. Sebuah jendela akan datang dan mulai melakukan beberapa operasi:

    Active Directory Domain Layanan Wizard Instalasi
  12. Klik Next

    Active Directory Domain Layanan Wizard Instalasi
  13. Klik Next. Jika Anda tidak membuat (menetapkan) alamat IP pada (untuk) server, sebuah kotak dialog akan muncul, tentang tugas alamat IP:

    Fully-Qualified Domain Name

    Dalam Anda tidak menetapkan alamat IP ke server, itu berarti Anda berencana untuk menggunakan server DHCP yang secara otomatis akan memberikan alamat IP ke komputer jaringan. Dalam kasus ini, klik Yes, ...
  14. Sebuah kotak dialog muncul

    Active Directory Domain Layanan Wizard Instalasi
  15. Membaca teks dan klik Yes
  16. Di halaman wizard berikutnya, klik Nest

    Active Directory Domain Layanan Wizard Instalasi
  17. Halaman berikutnya akan meminta Anda untuk menentukan password administrator. Klik kotak teks Password dan ketik password
  18. Klik kotak Konfirmasi Kata Sandi teks dan ketik password yang sama

    Active Directory Domain Layanan Wizard Instalasi
  19. Setelah menentukan password, klik Next

    Active Directory Domain Layanan Wizard Instalasi
  20. Klik Next. Sebuah kotak dialog baru akan startperforming operasi:

    Active Directory Domain Layanan Wizard Instalasi

    Ini mungkin memakan waktu cukup lama

    Active Directory Domain Layanan Wizard Instalasi
  21. Klik Finish
  22. Sebuah kotak dialog baru akan meminta Anda untuk reboot:

    Active Directory Domain Layanan Wizard Instalasi

    Oleh karena itu, klik Restart Now
  23. Ketika komputer muncul, tekan CTRL + ALT + DELETE dan log in
Memeriksa Nama Komputer dan Domain

Selalu pastikan Anda tahu nama setiap komputer di jaringan Anda dan nama domain milik.
Untuk memeriksa nama komputer dan domain pada workstation:
  1. Klik Start
  2. Klik kanan Computer dan klik Properties
Untuk memeriksa nama server, dalam Tugas Konfigurasi Awal, lihat di sisi kanan Nama komputer Kendali
Untuk memeriksa nama dokumen dari server, lihat di sisi kanan Domain
Network and Sharing Center

1 komentar:

  1. Terimakasih ya gan atas pengetahuanya tentang Membangun jaringan komputer ,,.,., Salam kenal dan jangan lupa followbacknya ya gan,.,, PK !!
    Download Aplikasi/ Softwere Terbaru

    BalasHapus

Social Icons

:) :( :P :x x( (n_n) (-_-) (-_-")

Featured Posts

semua karena cinta
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost Coupons