Chrome Pointer /* Start http://www.cursors-4u.com */ body, a:hover {cursor: url(http://cur.cursors-4u.net/cursors/cur-11/cur1054.cur), progress !important;} /* End http://www.cursors-4u.com */

Minggu, 04 November 2012

aplikasi yang ada di Internet


 A.    EMAIL 

     Kata email merupakan singkatan dari Electronic Mail yang berarti surat elektronik. Email merupakan sistem yang memungkinkan pesan berbasis teks untuk dikirim dan diterima secara elektronik melalui beberapa komputer atau telepon seluler. Lebih spesifik lagi email diartikan sebagai cara pengiriman data, file teks, foto digital, atau file file audio dan video dari satu komputer ke komputer lainnya dalam suatu jaringan komputer (intranet maupun internet).
Surat elektronik (disingkat ratelratronsurel, atau surat-e) atau surat digital atau pos elektronik (disingkat pos-el) atau nama umumnya dalam bahasa inggris "e-mail atau email" (ejaan Indonesia: imel) adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur jaringan komputer (misalnya internet).

Lima langkah dalam proses pengiriman e-mail
Dengan surat biasa umumnya pengirim perlu membayar per pengiriman (dengan membeli perangko), tetapi surat elektronik umumnya biaya yang dikeluarkan adalah biaya untuk membayar sambungan Internet. Tapi ada perkecualian misalnya surat elektronik ke telepon genggam, kadang pembayarannya ditagih per pengiriman.
Gb. Salah satu fasilitas internet yakni email di yahoo
  
B.   FTP

     File Transfer Protokol (FTP) adalah suatu protokol yang berfungsi untuk tukar-menukar file dalam suatu network yang mensupport TCP/IP protokol. Dua hal penting yang ada dalam FTP adalah FTP server dan FTP Client. FTP server menjalankan software yang digunakan untuk tukar menukar file, yang selalu siap memberian layanan FTP apabila mendapat request dari FTP client. FTP client adalah komputer yang merequest koneksi ke FTP server untuk tujuan tukar menukar file (mengupload atau mendownload file).


C.   WWW


Definisi WWW ( World Wide Web ) adalah suatu ruang informasi yang yang dipakai oleh pengenal global yang disebut Uniform Resource Identifier (URL) untuk mengidentifikasi sumber-sumber daya yang berguna. WWW sering dianggap sama dengan Internet secara keseluruhan, walaupun sebenarnya ia hanyalah bagian daripadanya.
fungsi WWW adalah menyediakan data dan informasi untuk dapat digunakan bersama Sejarah WWW atau World Wide Web


Gb. Salah satu alamat website

WWW atau World Wide Web adalah suatu program yang ditemukan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991. Awalnya Berners-Lee hanya ingin menemukan cara untuk menyusun arsip-arsip risetnya. Untuk itu, dia mengembangkan suatu sistem untuk keperluan pribadi. Sistem itu adalah program peranti lunak yang diberi nama Equire. Dengan program itu, Berners-Lee berhasil menciptakan jaringan terkait antara berbagai arsip sehingga memudahkan informasi yang dibutuhkan. Inilah yang kemudian menjadi dasar dari sebuah revolusi yang dikenal sebagai web.
WWW dikembangkan pertama kali di Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa (CERN), Jenewa, Swiss. Pada tahun 1989 Berners-lee membuat proposal untuk proyek pembuatan hypertext secara global, kemudian pada bulan Oktober 1990, ‘World Wide Web‘ sudah bisa dijalankan dalam lingkungan CERN. Pada musim panas tahun 1991, WWW resmi digunakan secara luas pada jaringan Internet.
D.   Chatting
Chatting adalah suatu program untuk para pengguna internet dimana saja berada agar bisa mengenal satu sama lain walaupun dia berada jauh dari kita.Dengan Chatting kita juga bisa melihat wajah orang yang baru kita kenal tersebut jika di komputer kita ada satu alat yang disebut WEBCAM.


Gb. Chatting melalui teks

Langkah-langkah melakukan Chatting dengan Yahoo Messenger
1. Double Click Icon Yahoo Messenger

2.Masukan User ID dan Password pada kotak dialog Sign In, seperti pada table di bawah ini :

Jika kita mau chatting maka kita harus punya dulu USER ID dan PASSWORD agar kita bisa masuk dan memilih room yang kita inginkan.Banyak diantara pengguna internet di Indonesia yang sudah memahami dengan baik apa itu chatting. Program yang biasanya dipakai untuk chatting pada umumnya adalah Yahoo Massenger dan MSN Hotmail yang bisa kita download dari websitenya secara gratis.

3. Tekan Enter atau Click Sign In pada kotak dialog, tunggu beberapa saat

Langkah-langkah melakukan chatting dengan mIRC
1. Double click Icon mIRC
2. Sebelum menggunakan mIRC, lakukan konfigurasi terlebih dahulu terhadap mIRC dengancara
3. Pilih menu Tool è Option, maka akan tampak layer Option seperti gambar berikut :
Isikan Full dan Email Addressnya ke dalam kotak yang tersedia seperti tampak pada kotak dialog disamping beserta Nickname dan Alternative nya 
E.   Mailing List
Milis (bahasa inggris: mailing list) adalah  group diskusi di internet di mana setiap orang bisa berlangganan dan berikutserta didalamnya. Anggota milis dapat membaca surat dari orang lain dan kemudian mengirimkan balasannya. Secara sederhana, milis adalah sebuah daftar alamat surat elektronik yang mempunyai kesukaan/kepentingan yang sama.
Saat seseorang mengirimkan surat yang kemudian dikirimkan ke semua orang yang terdapat di dalam daftar, penerima pesan memiliki kebebasan untuk membalas topik diskusi tersebut atau tidak.
Setiap kali ada orang membalas sebuah surat, surat tersebut disalurkan ke setiap kotak surat masing masing orang yang terdapat di dalam daftar. Semua proses ini diatur oleh sebuah program yang dinamakan Mailing List Manager (MLM's) atau Mail Servers.

Gb. Fasilitas internet yakni Mailing List
Berdasarkan topik diskusi, milis ada bermacam-macam. Ada milis umum, ada milis yang membahas bidang ilmu tertentu (misalnya Teknologi Informasi), ada senarai yang membahas masalah agama, dan sebagainya.
Penyedia layanan milis yang dikenal luas antara lain adalah yahoogroups.com dan googlegroups.com. Daftar untuk penggunaan milis dapat disebut sebagai daftar distribusi Dalam milis yang legal atau tidak bermuatan spam, individu dapat berlangganan atau berhenti berlangganan sendiri




F.   NewsGroup
NewsGroup merupakan fasilitas internet yang berfungsi sebagai ruang percakapan bagi pengguna yang memiliki yang sama. Pada prinsipnya NewsGroup sama dengan mailing list dimana keduanya merupakan ruang diskusi mengenai topic tertentu .
Gb. News Group
Pada news group topic yang dipakai adalah topic yang disediakan untuk umum sehingga kita dapat memilih topic yang diinginkan. Disamping itu pada newsgroup penerima pesan adalah orang yang kita pilih untuk kita kirimi email karena sifat dari news group tidak secara otomatis mendistribusikan kepada anggota diskusi.
Newsgroup terdiri dari dua jenis yaitu moderate news group dan unmoderate news group. Pada moderate news group, topic seluruh artikel diforward ke moderator melalui email untuk kemudian diekspos dalam news server. Dari ekspos inilah artikel akan menyebar. 




G.    Telnet
Adalah aplikasi yang digunakan untuk melakukan kerja dari jarak jauh. Prinsip kinerja Telnet adalah terhubungnya sebuah computer dengan jaringan internet yang tersimpan dalam sebuah alamat server. Dengan mengetahui dan masuk dalam server tersebut maka kita dapat menjalankan perintah –perintah yang ada seolah-olah kita berada dilokasi yang sama dimana server tersebeut berada.
 Gb. Telnet
Beberapa server di internet memperbolehkan kita untuk mengaksesnya dan menjalankan beberapa program yang diinstal pada komputer itu. Layanan ini disebut sebagai telnet. Penggunaan server ini sama seperti kalau kita melakukannya pada komputer di jaringan lokal. 
Contohnya : spacelink.msfc.nasa.gov, adalah layanan telnet gratis dari NASA tentang sejarah dan seluk beluk NASA.



H.  Gopher
Gopher adalah aplikasi perangkat lunak yang tesusun atas untaian menu sistem pencarian dan penemuan kembali. Situs Gopher adalah komputer yang menampilkan menu-menu yang mewakili data dan informasi yang tersedia. Secara mendasar, menu-menu ini adalah daftar isi untuk mengolah dan menunjuk ke sebuah informasi tertentu. Layanan ini menggunakan FTP untuk pertukaran file dan Telnet untuk koneksi dengan server tertentu.
Gb. Gopher

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Social Icons

:) :( :P :x x( (n_n) (-_-) (-_-")

Featured Posts

semua karena cinta
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost Coupons